Wednesday, May 24, 2006

Intelijen

Intelijen (berasal dari bahasa Inggris intelligence) atau dikenal dengan dinas rahasia adalah badan khusus yang dimiliki negara yang merupakan bagian dari pertahanan dan keamanan suatu negara. Tujuan lembaga ini sebenarnya adalah untuk mengumpulkan informasi akurat yang berkaitan dengan keamanan dan pertahanan baik terhadap negeri sendiri untuk mengevaluasi seberapa jauh tingkat pertahanan dan keamanan yang dimiliki dan seberapa kuat untuk menghadapi serangan lawan baik serangan berupa serangan langsung maupun dengan penyusupan. Sementara terhadap negara lain adalah mengumpulkan informasi sejauh mana negara lawan itu menjadi ancaman.
Pada perkembangan selanjutnya, informasi yang dicari bukan hanya bersifat kemiliteran namun juga mengenai masalah masalah sosial, gejolak sosial, informasi ekonomi, pertanian, tingkat keberhasilan panen serta kemajuan teknologi. Tujuannya selain bersifat untuk kepentingan analisis militer, juga berguna untuk kepentingan lainnya seperti kepentingan ekonomi, kerjasama ekonomi dan lain-lain terutama yang bersifat hubungan antar negara (diplomatik). Selain negara, terkadang perusahaan-perusahaan maupun kalangan bisnis juga menggunakan cara-cara ini untuk mengumpulkan informasi yang sifatnya terbatas hanya untuk kepentingan bisnis seperti prospek mendirikan usaha maupun investasi, kemampuan daya beli dan ekonomi sampai mengetahui kekuatan bisnis saingannya.
Pada dasarnya, intelijen adalah bersifat mengumpulkan informasi. Pada perkembangannya terutama yang berurusan dengan masalah negara, juga ditambah dengan usaha sejauh mana menyelesaikan setiap ancaman yang dilakukan secara efektif, rahasia dan langsung menuju sasarannya yang dikenal dengan operasi intelijen yang sering dikenal juga dengan operasi klandestin atau operasi rahasia. Sebagai contoh di Amerika Serikat terdapat undang-undang intelijen yang isinya "..serta usaha usaha yang dilaksanakan untuk menghadapi ancaman terhadap kepentingan nasional". Maka mucullah operasi-operasi seperti usaha penggulingan terhadap Presiden Soekarno dengan memberikan bantuan senjata kepada kaum pemberontak pada dekade 1950-an, Invasi Teluk Babi di Kuba tahun 1960-an, penembakan terhadap Presiden John F. Kennedy yang diduga adalah rekayasa intelijen, Usaha pembunuhan Presiden Saddam Hussein dan lain-lain.
Prinsip prinsip intelijen juga digunakan untuk mengatasi kriminalitas dan kejahatan yang terjadi di masyarakat umumnya dugunakan oelh Kepolisian dengan menggunakan unit-unit reserse atau kejaksaan seperti di Amerika Serikat (FBI), detektif bahkan wartawan untuk mencari sumber berita. Masing masing memiliki kode etik tersendiri.
Daftar Isi[Sembunyikan]
1 Sifat-sifat operasi Intelijen
2 Badan intelijen
3 Serba-serbi
4 Agen rahasia
//
[sunting]

Sifat-sifat operasi Intelijen
Umumnya operasi intelijen dilakukan untuk dua kepentingan:
Operasi Taktis yaitu operasi yang dilakukan untuk mendukung operasi-operasi taktis yang dilakukan dalam jangka waktu dan kegiatan tertentu, umumnya dilakukan oleh angkatan bersenjata dalam operasi operasi militernya.
Operasi Strategis yakni operasi yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data informasi dan kegiatan lain untuk kepentingan strategis umumnya dilakukan dengan jangka panjang.
[sunting]

Badan intelijen
Umumnya setiap negara memiliki badan-badan atau lembaga intelijen intelijen baik yang berdiri sendiri ataupun dibawah institusi lain. Ada badan intelijen yang keberadaannya diketahui publik atau bahkan rahasia
Beberapa badan Intelijen yang dikenal di dunia antara lain :
CIA (Amerika Serikat)
KGB (Uni Soviet)
FSB (Rusia)
MI6 (Inggris)
Mossad (Israel)
BIN (Indonesia)
STASI (Jerman Timur)
ASIO (Australia)
DIE (Rumania)
[sunting]

Serba-serbi
Presiden Uni Soviet Yuri Andropov adalah seorang direktur KGB
Asisten khusus Presiden Franklin D.Roosevelt, Lauchin Currieadalah mata-mata Uni Soviet sekalipun dia membantah, tetapi dokumen-dokumen mebuktikan hal tersebut.
Diduga, dua-pertiga staf di kedutaan Uni Soviet adalah agen KGB.
Presiden Rusia Vladimir Putin pernah menjadi agen KGB yang bertugas di Jerman Timur.
Agen KGB dapat mengetahui berapa jumlah anggota FBI dan letak kendaraan mereka diparkir.
Salah satu agen senior CIA, Aldrich Ames berkhianat menjadi agen KGB dengan imbalan materi yang tinggi. Demikian pula dengan Yuri Nosenko, wakil kepala KGB untuk urusan keamanan internal dan agen asing yang menyebrang dan bekerja untuk CIA.
[sunting]

Agen rahasia
Gary Powers
Allen Pope
Mata Hari
Rudolf Abel
Nathan Hale
Ion Pacepa

0 Comments:

Post a Comment

<< Home